Keberuntungan = Kesempatan bertemu kesiapan

Beruntung
Apakah anda Pernah dengar rumus ini?
Rumus ini saya dapatkan ketika mengikuti seminar yang di bawakan oleh Pak Ali Akbar (pakarSEO) beberapa waktu lalu.
Pertama kali mendengar nya memang aneh, kok ada rumus seperti itu? tetapi setelah di jelaskan dan di pahami maknanya, ternya rumus tersebut benar juga.
OK mari kita ulas satu persatu komponen rumus tersebut.
Keberuntungan, menurut maknanya keberuntungan dapat di artikan suatu kondisi yang tiba-tiba berubah dari kedudukan tidak baik menjadi baik.
Seringkali keberuntungan datang secara tidak terduga dan tiba-tiba.
Kesiapan, adalah suatu kondisi dimana kita mampu melakukan sesuatu yang datangnya secara tiba-tiba atau tidak.
kesempatan, adalah suatu kondisi dimana kita memperoleh peluang untuk melakukan sesuatu. 
Tapi tahukan anda sebenarnya keberuntungan terjadi akibat adanya 2 faktor yang saling terkait yaitu kesempatan dan kesiapan.Tanpa ada kesiapan dan kesempatan, menurut rumus ini keberuntungan tidak akan menghampiri anda.
Mau bukti?
Pada saat training beberapa waktu lalu, Pakar SEO menanyakan kepada para peserta "siapa yang memili HP?"
Hasilnya semua orang mengacungkan tangannya sebagai pernyataan bahwa ia memiliki HP.
Kemudian beliau meneruskan pertanyaan selanjutnya "siapakah yang HP nya di fungsikan untuk menjual pulsa?"
Hanya ada sekitar 5 orang dari 100-an orang peserta yang mangacungkan tangan dan dengan serta merta kelima orang tersebut di suruh maju ke depan.
Pertanyaan selanjutnya adalah "siapakah yang di HP nya sekarang memiliki deposit pulsa lebih dari 150 ribu rupiah?", tahukan anda pada saat itu hanya ada 1 dari 5 orang yang memiliki deposit pulsa melebihi 150 ribu.
Kemudian beliau meminta orang tersebut mentransfer pulsa sebesar 50rb ke salah satu peserta seminar, dan beliau membayar dengan uang 100ribu rupiah.
Artinya orang yang beruntung adalah orang yang paling siap karena memiliki deposit pulsa sesuai yang di minta dan juga punya kesempatan pada saat itu untuk "bersaing" dengan 5 orang yang HP nya di gunakan untuk berbisnis pulsa.
dan hasilnya sudah bisa anda tebak, orang itu mendapat keberuntungan dimana nilai pulsa sebesar 50 ribu di bayar dengan uang sebasar 100 ribu rupiah, artinya dia memiliki keuntungan lebih kurang 48 ribu rupiah dari harga pulsa normal.
Bagaimana dengan 4 orng lainnya? tentu saja mereka tidak beruntung karena kalah siap dengan satu orang tadi walaupun sama-sama mendapat kesempatan. Mereka kalah karena tidak siap menyediakan nominal deposit pulsa yang di minta.
Ini baru yang berhubungan dengan pulsa, gimana kalau situasi seperti ini menimpa anda pada saat sedang melakukan tender bisnis yang nilainya jutaan dolar? mmm pastinya kita akan menyesal karena ketidaksiapan.
Berhubungan dengan judul di atas, saya juga memiliki pengalaman pribadi.
Begini ceritanya...:-)
Pada suatu waktu ada tetangga saya menemui saya di rumah dan menawarkan sebuah pekerjaan sebagai drafter di perusahaan minyak tempatnya bekerja, dengan gaji 5x lipat dari gaji saya pada saat itu.
Tetapi requirement nya adalah drafter expert atau boleh di bilang kelas mahir.
Alasannya karena drafter sebelumnya resign secara tiba-tiba, sedangkan proyek yang akan di jalankan dalam waktu dekat membutuhkan seorang drafter tingkat tinggi.
Dan tetangga saya tersebut menawarkan kepada saya dengan jaminan mulai bekerja pada keesokan harinya.
Wah tentu saja saya kaget dan sedikit menyesal karena ilmu CAD saya belum sampai ke tingkat drafter. 
Kalau saja saat itu saya siap dengan ilmu drafter tingkat tinggi, tentunya saya bisa di terima bekerja di perusahaan tersebut. Di saat itu saya tidak beruntung karena tidak siap. 


Pengalaman lainnya saya dapatkan di perusahaan tempat saya berkerja. Saya terpilih untuk ikut 2 hari training di Singapura hanya karena teman saya yang di tunjuk sebagai kandidat utama tidak memiliki passpor. Suatu keberuntungan tiba-tiba, siapa sih yang tidak mau di training keluar negeri, gratis pula...he...he...


Ada yang punya pengalaman dengan rumus ini?


Oleh karena itu, hendaknya kita menyiapkan diri kita dengan bekal sebanyak-banyaknya, sehingga jika suatu saat kita mendapat kesempatan, kita bisa memperoleh keberuntungan.


Salam sukses.

No comments:

Post a Comment